Begini Cara Menyeduh Kopi Dengan Vietnam Drip
Menu
0 comments
Share:
vietnam drip

Bagi kamu para penikmat kopi, pasti memiliki berbagai cara untuk menyeduh dan menikmati seteguk kopi. Menyeduh kopi dengan teknik dan peralatan menggunakan vietnam drip dapat kamu jadikan salah satu pilihan, selain menyeduh kopi secara langsung.

Vietnam drip merupakan metode menyeduh kopi menggunakan alat penyeduh yang sederhana. Dripper yang digunakan berbentuk seperti gelas metal yang terdiri dari saringan bawah, cangkir, saringan atas (tamper), dan penutup. Tamper sendiri berfungsi untuk mengekstraksi sari pati kopi, sehingga tetesan kopi yang dihasilkan lebih nikmat. Drippernya yang unik dan berbeda, tentu menarik perhatian tersendiri bagi para pecinta kopi di awal kemunculannya di Indonesia.

Penyajian kopi vietnam drip merupakan kopi yang diseduh menggunakan vietnam drip dan disajikan bersama susu/krimer kental manis. Di Vietnam sendiri kopi vietnam tidak hanya disajikan bersama susu kental manis saja, tetapi juga di campur dengan es batu agar lebih nikmat. Tidak hanya di kota asalnya saja yaitu vietnam, Kopi vietnam drip sendiri sudah sangat populer dan banyak disajikan di kedai kopi ternama  di Indonesia lho ! Tak perlu repot datang ke kafe, kini Anda bisa meracik sendiri vietnam drip di rumah dengan cara yang kami bagikan berikut ini.

Bagaimana cara seduh kopi dengan vietnam drip

Metode ini tidak membutuhkan banyak peralatan dan langkah yang rumit. Untuk alat pertama yang harus disiapkan adalah Dripper vietnam yang bersih dan kering. Jika alat vietnam drip tersebut baru kamu beli, cuci bersih terlebih dahulu lalu keringkan, agar rasa kopi dan kebersihan tetap terjaga. Kemudian alat kedua yang dibutuhkan adalah gelas kaca, yang tentunya juga sudah dibersihkan ya.

Setelah semua alat tersedia, saatnya kita kumpulkan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kopi vietnam drip. Bahan utama yang diperlukan tentunya kopi bubuk yang sudah digiling dengan level medium. Umumnya kopi vietnam menggunakan kopi robusta, akan tetapi kopi arabika juga dapat digunakan jika itu sesuai dengan selera anda. Kopi yang dibutuhkan untuk satu sajian yaitu 10 gram.

Rasio perbandingan bubuk kopi dengan air biasanya 10 gram : 120 ml. Setelah itu anda dapat siapkan susu kental manis, air panas dan es batu jika diperlukan.

Nah untuk mulai menyeduh kopi menggunakan alat vietnam drip sangatlah mudah, pertama tuang 2–4 sdm susu kental manis pada gelas kaca, lalu letakkan dripper di atas gelas. Kemudian masukan bubuk kopi ke dalam dripper dan tekan pemberat agar saat terkena air panas, sari pati kopi bisa keluar.

Setelah itu sediakan 120 ml air panas dengan suhu 96 °C, lalu tuang terlebih dahulu 20 ml air panas yang telah kita sediakan tadi ke dalam dripper dan diamkan selama 20 detik, hal ini sangat diperlukan agar kopi terekstraksi secara sempurna. Setelah 20 detik, silahkan tuang sisa air panas kedalam dripper, kemudian tutup dan tunggu hingga kopi berhenti menetes ( sekitar 5 menit).

Jika proses penyeduhan telah selesai, coba anda periksa kembali filter dan tekan – tekan bubuk kopi basah dengan plunger untuk memastikan air sudah turun semua. Setelah kopi berhenti menetes, aduk kopi dan susu hingga merata agar dapat disajikan dan segera dinikmati. Anda juga dapat menambahkan es batu ketika penyajian jika ingin menikmatinya dalam keadaan dingin.

Dan untuk mengimbangi rasa manis dari susu kental manis anda dapat menggunakan kopi dengan karakter body yang bold dan di-roasting pada tingkat medium hingga dark yah.

Nah, sekarang anda sudah tidak perlu repot lagi harus pergi ke kafe demi menikmati secangkir kopi vietnam drip. Anda dapat membuatnya sendiri dirumah dan dinikmati sambil berkumpul bersama keluarga tercinta lho. Selamat mencoba ya guys. Baca juga, 6 Khasiat Kopi Untuk Kecantikan Kulit dan Penggunaannya

Leave a Comment

Your email address will not be published.

X