penyeduhan kopi

Penyeduhan Kopi Metode Cold Brew Dengan Benar

Penyeduhan kopi dengan metode cold brew kini sudah tidak asing lagi didengar. Namun jangan salah loh, ada beberapa trik yang harus kita perhatikan ketika melakukan proses penyeduhan kopi dengan metode cold brew agar mendapat hasil yang maksimal. Berikut beberapa hal yang harus kita perhatikan.

  • Tekstur kopi. Ingat loh coffee lovers, menggiling kopi terlalu halus dapat menghasilkan rasa kopi yang terlalu pekat dan pahit.
  • Rasio 1 : 8. Rumus rasio 1 : 8 ini berarti untuk 1 takaran kopi sama dengan 8 takaran air. Rumus ini adalah rumus baku untuk mendapatkan rasa kopi yang nikmat.
  • Jangan terpaku pada suhu dingin. Untuk menyeduh biji kopi ternyata tidak harus selalu menggunakan air dingin dan merendamnya berlama-lama. Jika kita tidak memiliki waktu yang banyak, kita bisa mempercepat prosesnya dengan menyeduh terlebih dahulu dengan air panas. Setelah itu setelah air rendaman berada pada suhu ruang, kita baru bisa memasuksannya kedalam kulkas.
  • Jangan merendam terlalu lama. Biasanya waktu perendaman kopi berkisar antara 8 sampai dengan 24 jam. Semakin lama perendaman maka akan menghasilkan konsentrasi kopi yang lebih pekat. Jika hal tersebut terjadi, kita bisa menambahkan sedikit air, es batu atau susu pada rendaman kopi agar rasa pahit dan kadar kafeinnya berkurang.
  • Jangan simpan terlalu lama. Umumnya pemahaman yang kita tahu bahwa kopi akan bertahan di dalam kulkas selama 1 bulan, namun nyatanya kopi yang disimpan di dalam kulkas lebih dari 2 minggu, akan menurunkan kualitas dan rasa kopi yang sesungguhnya.

Menyeduh kopi dengan metode cold brew dapat menggunakan berbagai alat yang kini sudah marak di pasaran. Untuk anda yang baru dalam mempelajari cara penyeduhan kopi dengan metode cold brew, sebagai bonus kita akan membahasnya sedikit di sini. Kali ini kita akan menyeduh kopi menggunakan mesin Hario Mizudashi coffee pot.

penyeduhan kopi

Pertama siapkan kopi dengan ukuran gilingan medium, kedua masukan bubuk kopi ke bagian saringan lalu pasang strainer ke pot atau botol kaca. Ketiga basahi bubuk kopi hingga merata lalu tuang air sisanya secara merata hingga ke level air yang diinginkan (mencapai bagian tengah handle). Keempat Aduk perlahan, lalu tutup pot dan masukan ke pendingin. Waktu ideal perendaman yaitu 8 – 12 jam. Berikutnya setelah 8 jam lebih, lepaskan bagian saringan dan kopi siap untuk dinikmati. Baca juga, Rok Presso Espresso Maker Paling Prestisius

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *