roasting kopi

Roasting Kopi Menurut Kelompok dan Keunggulannya

Roasting Kopi

Kopi sebelum di konsumsi tentu di roasting dan di giling dulu kan ya. Nah kedua hal ini sangat mempengaruhi rasa akhir kopi loh. Dari kedua tahapan ini anda juga bisa sekaligus mengatur rasa kopi yang anda inginkan. Tapi yang akan kita bahas kali ini adalah bagaimana tahapan awal dari proses menyeduhan kopi saja yaitu meroasting atau menyangrai kopi.

roating kopi

Hasil roasting kopi akan kita bagi menjadi 4 kelompok yaitu light, medium, medium-dark atau dark. Apa saja keunggulan masing-masingnya? Kita simak di sini.

1. Light roast adalah hasil sangraian kopi yang paling muda. Bahkan minyak kopi belum sempat muncul dalam tahap ini karena kopi disangrai hanya sebentar saja dan bahkan biasanya juga dengan api yang kecil. Hasil rasa yang ditimbulkan mirip seperti teh yang lembut.

2. Medium roast adalah tahapan kopi tingkat kedua rasanya sedikit tanned dari light toast namun tetap rasanya mirip seperti teh. Dalam tahap ini minyak kopi tidak terlalu kentara terlihat. Roasting tingkat ini banyak dipilih barista karena dapat menghasilkan rasa yang pas bagi pecinta kopi pemula.

3. Medium-dark roast adalah kopi yang disangrai hingga menghasilkan minyak mengkilap pada kopi namun tidak terlalu gelap. Tahap ini akan menghasilkan rasa yang lebih heavy dan intens. Ketika diseduh akan menghasilkan rasa pahit manis yang nikmat.

4. Dark roast and beyond merupakan tingkat tertinggi dalam meroasting kopi. Tingkat ini akan menghasilkan rasa yang pahit, maka dari itu kopi ditingkat dark roast dan level di atasnya seperti Vienna, Italian atau French roast, cocok untuk dipadu padankan dengan susu yang nantinya akan menghasilkan cappucino, flat whita, latte dan lain sebagainya. Kopi ditahapan ini tidak cocok untuk diseduh manual karena akan pahit sekali rasanya. Warna dari kopi di tahap ini adalah coklat maksimal bahkan terkadang sedikit hitam dan kopi terlihat sangat mengkilap karena minyak yang keluar secara maksimal.

roasting kopi

Terlepas dari pahitnya, kopi tingkat dark roast ini wangi saat disentuhkan dengan air panas, selain itu dark roast juga cocok untuk dijadikan bahan foto karena orang akan selera melihat kopinya yang mengkilap.

Dalam menyeduh kopi tidak ada standarisasi yang benar-benar baku karena tentu setiap orang pasti punya selera masing-masing. Namun dengan mencoba berbagai tahapan roasting ini kita jadi akan mudah menentukan apakah kita lebih menyukai kopi yang seperti apa. You wanna try ??? Baca juga, Penyeduhan kopi dengan metode cold brew

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *